Mager? Ini Bahaya yang Mengintai Jika Anda Terlalu Lama Duduk

Rizki Adis Abeba | 15 Januari 2019 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semakin tua seseorang biasanya semakin malas bergerak dan lebih memilih aktivitas santai seperti duduk dan berbaring. Namun tahukah Anda, ada bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda terlalu lama duduk dan malas bergerak alias mager?

Terlalu lama duduk dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan hingga risiko kematian muda yang lebih tinggi. Namun studi terbaru terhadap 8 ribu orang usia 45 tahun ke atas yang dimuat dalam Jurnal Epidemiologi Amerika mengungkap fakta bahwa jika seseorang mengganti setengah jam saja kegiatan duduk atau berbaring dengan kegiatan fisik sekecil apa pun intensitas dan frekuensinya, maka risiko kematian dini akan berkurang sebanyak 35 persen.

“Penemuan kami menggarisbawahi pesan kesehatan yang penting bahwa kegiatan fisik sekecil apa pun sangat bermanfaat bagi kesehatan,” kata Keith Diaz, Ph.D., asisten profesor kedokteran Universitas Columbia yang tergabung dalam tim penelitian ini.

Ini sebabnya Keith Diaz mengimbau Anda agar tidak malas bergerak dan rutin melakukan kegiatan fisik demi kesehatan yang lebih baik dan harapan hidup yang lebih panjang.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait